Langsung saja… Sebenarnya yang dilakukan cukup mudah dan simpel, Bore up 150cc Honda CS1 Saya mulai dengan mengganti piston standar CS1 yg berukuran 58mm diganti dengan piston honda Tiger yang berukuran 63,5mm.
Wow… Mirip suzuki satria… Hahahhhaaa
Askruk masih standar, juga connecting rod masih standar. Perubahan
ada saat mengawinkan conrod standar yg memiliki pen piston diameter 13mm
dengan pen piston tiger yg berlingkar 15mm. Alhasil, system shock pen
piston dilakukan dengan bahan menggunakan standar pen piston tiger yang
kemudian di shock dengan pen piston cs1 13mm. Sippp! Hasil memuaskan
lalu lanjut…
Silinder block dilakukan penggantian boring, menggunakan boring Honda Tiger dengan spesial design by HKU Racing
yang dibenamkan piston Tiger dengan suksesnya. Oya, crankcase tengah
tidak mengalami perubahan, karena diameter tengah sudah besar. Namun
ada yg harus diwaspadai adalah ketinggian piston Tiger lebih tinggi 6mm
dibanding piston CS1.
Bisa saja sih silinder block di tambah packing aluminium 6mm. Tapi
saya ingin packing setipis mungkin agar rantai mesin tidak perlu
disambung sehingga masih memakai rantai mesin standard-nya. Alhasil,
piston di redesign kemudian paking menggunakan aluminium 1mm saja.
Setelah set TOP piston selesai, saatnya beralih ke silinder head. Kubah dan squish area tidak dirubah, ‘kan piston nya di redesign
Packing head pesan khusus dengan tebal 1mm, agar tidak terjadi
kebocoran air radiator. Karena motor sudah datang dengan CDI racing yg
terpasang, maka sektor pegas katub harus dibenahi. Pegas katub diganjal
ring tembaga 1mm, agar frekuensi floating pegas sedikit beranjak naek.
Hasilnya gejala klep bersenggolan dengan piston tak terjadi..
Porting in – ex masih standar.. Belum dijamah mata bore tune… Virgin euy
Porting in – ex masih standar.. Belum dijamah mata bore tune… Virgin euy
Lanjut ke karburator… Dipakai karbu keihin SP28mm milik NSR, dengan
spuyer slowjet 45 dan mainjet 130. Putaran air screw 1,5putaran keluar.
Filter di lepas, biar sedotan udara tidak terhambat dan lari motor bisa
cepaaattt!!!
Mesin dah oke… Tenaga pun melonjak… Sekarang beralih ke system transfer tenaga yaitu kopling.
Kanvas kopling langsung kita ganti dengan merek BRT, yah lumayan harga murah, kualitas baik. Gak lupa pegas kopling jg diganti merek hkuracing… (kombinasi yg tepat kan!)
Kanvas kopling langsung kita ganti dengan merek BRT, yah lumayan harga murah, kualitas baik. Gak lupa pegas kopling jg diganti merek hkuracing… (kombinasi yg tepat kan!)
Pelumas menggunakan enoc api service SL dengan viscositas 20w50
Setelah dicoba, rasanya nya nikmat, tapi sayangnya gear belakang terlalu pendek track nya… Akhirnya diganti dengan gear mata 40 (Standar-nya 42)
Setelah dicoba, rasanya nya nikmat, tapi sayangnya gear belakang terlalu pendek track nya… Akhirnya diganti dengan gear mata 40 (Standar-nya 42)
Woowww… Tenaga oke akselerasi mantafff !!!
CS1 150cc by hku racing surabaya
1 komentar:
habi berapa itu mas ?
Posting Komentar