Senin, 01 April 2013

Satria Fu 150 Modifikasi Trail Kalbar


Friday, February 15th 2013. | Modifikasi
Satria Fu 150 Modifikasi Trail Satria Fu 150 Modifikasi Trail Kalbar

Satria Fu 150 Modifikasi Trail
Sang pemilik Suzuki Satria Fu 150 ini mungkin sudah bosan dengan tampilan standart dari pabrikan. Motor miliknya dikawinkan dengan motor Special engine yang biasa untuk garuk tanah. Suzuki Satria keluaran tahun 2007 itu akan diubah menjadi motor dual purpose yang tangguh, karena sang empunya sering meninjau proyek yang medannya bagai medan off road.
Sang pemilik bernama Yohanes Nusantara yang berkerja sebagai PNS di Kalimantan Barat ini menyerahkan motornya pada sang modifikator dari 69 Concept Erik Krisley yang bermarkas di Jl. J.C. Ovang Orray nomor 5, Baning, Sintang (depan penginapan Cika), Kalimantan Barat.
Om Erik juga disodori 1 unit sasis milik Yamaha YZF 250 keluaran tahun 2007 lengkap dengan part pendukung seperti Shock depan dan kaki-kaki bagian belakang.
“Intinya dia ingin mengawinkan sasis serta peranti bodi YZF namun enginenya pakai FU,” Ujar Erik.
Kesulitan yang ditemukannya adalah sasis asli YZF 250 sempit. Padahal engine FU lumayan gede. Artinya bila dipaksakan akan mentok silinder head. Solusinya sasis perlu dimodifikasi dulu.
“Untuk bagian depan, downtube dimutilasi. Lalu diganti dengan rancangan tulang baru dari pipa besi bulat ukurannya ¾ dim, ke bawah. Sedangkan dudukan mesin atas, pada sasis bawah tangki ditambahkan pelat 4 mm. Sistemnya pakai mur baut,” papar ayah 2 anak itu.
Dudukan mesin baru yang dicat hitam tersebut juga dibuat ampuh. Yakni ditambahkan pelat bordes tebal pada bagian bawah. Tujuannya melindungi bagian bawah mesin dari terpaan kerikil ketika motor itu dibuat berkelana ke proyek.
Detail Satria FU Modifikasi Trail Satria Fu 150 Modifikasi Trail Kalbar
Detail Satria FU Modifikasi Trail

Mesin Satria FU 150 yang dibekali oil cooler ini membuat sang modifikator menambahkan pula dudukan baru untuk peranti pendingin oli mesin itu. Posisinya disebelah kiri atas. Posisi itu diklaim aman, lagi-lagi untuk menghindari terpaan kerikil atau batu yang kadang nongol ketika Ndok ngacir ke proyek.
Modifikasi Satria Fu ini pada bagian kaki-kaki ban dan pelek memakai ukuran 17 inci karena biar ga susah beli ban dalam kalau pas bocor saat dibawa ke lapangan.

DATA MODIFIKASI
Ban depan : Swallow 100/80-17,
Ban belakang: Swallow 120/70-17
Pelek depan: AHRS 2,50×17
Pelek belakang: AHRS 3,00×17
Teromol depan: Variasi
Teromol belakang: KLX
Karburator: Mikuni Sudco 28
Modifikator mesin: Andy Racing
69 Concept: 0815-78679-669

Tidak ada komentar: