Minggu, 31 Maret 2013

Upgrade Performa Honda CS1 Level 2


Upgrade Performa Honda CS1 Level 2

Masih Belum puas dengan up grade cs1 level 1 ? Mari kita bahas dengan up grade cs1 level 2.
Up grade Honda CS1 level 2 adalah pengembangan up grade level 1 dengan beberapa poin pengerjaan tune up tambahan.  Ini artinya harus melakukan up grade di level 1 dulu.  Seperti ningkatin rasio kompresi dengan melakukan setelan klep spesial termasuk penggunaan oli api service SL dan per kopling racing.
Oke ayo kita mulai bahas satu per satu…
Aplikasi karbu manual skep atau piston valve
Karbu standar bawaan pabrik pada Honda CS1 adalah karburator tipe vacum atau constant velocity dengan diameter venturi 28mm dengan spuyer slow jet 35 dan main jet 108.  Karbu ini memiliki karakter yang lebih lembut dengan tarikan yang kurang responsif.  Jika kamu termasuk maniac kecepatan tentu bukan ini yang diharapkan

Maka langkah pertama untuk memperbaiki akselerasi Honda CS1 ini adalah menggantinya dengan karbu tipe skep atau piston valve, bisa pake karbu Keihin PE28mm bawaan NSR SP.  Dengan slow jet 42 dan main jet 120 atau bisa juga pake karbu Koso Oval Powerjet 28mm dengan slowjet 42 dan mainjet 115 dan powerjet 32.
Jangan lupa mengganti kabel gas dengan tipe manual, bukan vacum.  Dan juga filter udara dilepas atau bisa juga box dipasang dengan kasa filter di lepas.  Setelah akselerasi bagus kita lanjut ke langkah berikutnya.
Pakai kanvas kopling racing  Bisa pakai merek TDR, BRT atau Daytona karbon kevlar untuk tipe tiger.  Dipadukan dengan per kopling racing maka akselerasi semakin bagus karena transfer tenaga semakin baik.  Bahkan perpindahan persneleng bisa membuat roda belakang sliding. WOW!

Pakai racing camshaft atau noken as racing . Bisa pakai merek-merek racing yang beredar dipasaran atau buat sendiri di bengkel khusus pembuat noken as seperti HKU Racing Surabaya ini misalnya  Oya, untuk motor harian cukup lift klep dibuat lebih tinggi 1mm saja dan jangan terlalu tinggi mengingat untuk harian.
Menghaluskan Intake Manifold dan Exhaust Manifold Dengan memperhalus dinding lubang masuk akan memperbaiki efisiensi volumetris sehingga bahan bakar yang masuk semakin banyak dan cepat masuknya.
Setel klep atau celah katup intake 0,05mm dan exhaust 0,20mm lalu Lanjut dengan memasang Knalpot Racing atau Knalpot Custom.  Untuk knalpot custom bisa pake knalpot racing seperti yoshimura atau ahrs. Kalau saya lebih suka custom alias membuat knalpot di tukang knalpot langganan dengan spesifikasi baru.  Diameter pipa leher 25mm,  silencer 35mm, model free flow tanpa glasswool.  Jika 35mm dirasa kurang loss, bisa diubah menjadi 38mm.
Pasang CDI Racing Untuk memperbaiki pembakaran oleh busi maka perlu mengganti CDI standar dengan limiter 11.000 dengan CDI yang bisa di program ulang kurva pengapian nya dan memiliki limiter rpm lebih tinggi.  Bisa pakai merek BRT, Varro, XP atau bahkan Rextor. Dari tipe adjustable sampai programmable.
Terakhir jangan lupa, Oli mesin jangan macam-macam.  Pastikan memakai pelumas dengan API Service minimal SL dengan kekentalan SAE 20w50.  OK! Selamat mencoba Up grade Honda CS1 level 2 dan tunggu ulasan CS1 150cc.

1 komentar:

Anonim mengatakan...

Klo stroke up gmn